Cheating day

Cheating Day
.
.
Tanya Jawabku dengan seorang Warrior yang baru menjalani KF selama 3 bulan
.
.
Warrior :
Selamat siang mas, mau tanya boleh ya
.
Tyo :
Siang mbak
iya boleh mbak
.
Warrior :
Mas aku mau tanya seputar cheating day di KF
Aku sudah jalani KF 3 bulan mas.
Sebelum KF aku pernah diet juga, dan di diet ini aku mengganti nasi dengan nasi merah atau oatmeal dan rotinya dengan roti gandum, juga aku ngga makan gula lagi mas.
tapi aku masih banyak makan sayur dan buah juga mas, tapi porsi makan nasi merah atau roti gandumnya sedikit.
Di diet tersebut aku masih bisa ada cheating day mas, jadi hari sabtu dan minggu aku makan bebas dan mulai kembali hari seninnya.
Kalau di KF bisa ngga mas ?
.
Tyo :
Mbak waktu diet spt itu, pas cheating day nya gimana rasanya ?
.
Warrior :
Hahaha
Enak mas 😁
kan bisa makan macam-macam lagi spt gorengan, kue, pizza, dsb
.
Tyo :
Aku mau tanya, tapi mbak jujur yaa
Sejak KF mbak pernah cheating ngga ?
.
Warrior :
Iya pernah mas ☺
.
Tyo :
Pas cheating rasanya gimana mbak ?
.
Warrior :
Malah mual mas, terus badan jadi pegel semua dan besoknya diare
.
Tyo :
Nah, aneh ngga menurut mbak.. kok di diet sebelum KF, kalau cheating malah terasa enak, tapi setelah KF kalau cheating badannya malah nolak dan malah muncul gejala
.
Warrior :
Iya mas, itu yang buat aku bingung mas
.
Tyo :
Saat jalani KF mbak kerasa gimana di badan ?
.
Warrior :
Entengan sih mas, ngga gampang laper dan tidurnya juga jadi enak.
.
Tyo :
Berarti setelah KF mbak merasa kesehatannya jadi lebih baik dong ?
.
Warrior :
Alhamdullilah iya mas, tapi kok malah jadi ngga enak yaa dibadan kalau kemasukan karbo lagi mas ?
.
Tyo :
Jadi di diet sebelum KF itu, sebetulnya mbak hanya mengurangi total kebutuhan kalori dari makanan, sehingga mbak bisa mengambil cadangan energi dari lemak dibadan juga saat mengalami defisit kalori, namun tetap tdk banyak.
Dan Otak mbak sebagai organ terpenting ditubuh, masih full pakai glukosa, jadi defisit kalori justru membuat terasa tidak se enak saat Glukosa bisa masuk banyak dari karbonya di hari cheating mbak itu
.
Warrior :
Iya mas, memang malah lebih enakan pas cheating day, rasanya malah jauh lebih segeran saat cheating
Tapi ya itu mas, beratnya naik turun terus.
.
Tyo :
Nah, kalau di KF kebalikan mbak.. justru tubuh mbak diajari untuk mengoptimalkan utilisasi cadangan lemak dibadan sebagai sumber energi utama, sehingga Otak mbak juga beralih menggunakan Lemak cadangan di tubuh namun via konversinya lebih dulu menjadi Ketone. Dimana ketone bisa menyebrang ke otak dan bisa digunakan sebagai bahan bakar utama pengganti Glukosa.
Itu sebabnya energi di Otak akan menjadi konstan, dan justru menyebabkan badan lebih enteng dan tidak mudah lapar lagi. Karena otak sdh dibuat kenal dengan cadangan lemak yg melimpah ditubuhnya.
.
Lemak dibadan itu fungsinya sebagai cadangan energi disaat tidak ada makanan, tapi kan konyol kalau manusia Otaknya hanya bisa pakai glukosa dan tidak kenal lemak dibadannya sebagai sumber energi.
Itu sebabnya Ketone itu "Missing Link" nya yg menghubungkan Lemak dibadan dgn Otak, sehingga Otak bisa mengenali dimana Gudang energi sebenarnya berada
.
Warrior :
Tapi memangnya ngga bisa gantian pakai Glukosa lagi mas pas hari cheatingnya ?
.
Tyo :
Tujuan adaptasi ketosis di KF itu adalah membuat tubuh mengoptimalkan penggunaan lemak sebagai bahan bakar, dan mengabaikan glukosa di darah yang otomatis hanya berasal dari buatan Liver (Gluconeogenesis) saat tidak lagi makan karbo.
.
dan bahan baku untuk buat Glukosa di liver ini, berasal dari Glycerol yg merupakan pecahan dari lemak cadangannya, dan juga dari protein ditubuh.
.
Jika kebutuhan Glukosa ditubuh tidak turun saat sdh tdk makan karbo lagi, dan sel2 ditubuh tdk beradaptasi menggunakan lemak dan masih selalu mengandalkan glukosa.. maka jelas Liver harus membuat Glukosa dalam jumlah yg sangat besar utk memenuhi kebutuhan energi diseluruh tubuh, terutama otak nya.
.
Jelas protein akan lebih banyak dipakai untuk buat Glukosa diliver, dan akhirnya Otot yg justru dikorbankan utk dijadikan bahan baku pembuatan glukosa nya.
Jika ini terjadi, maka manusia akan cepat mati kalau ngga makan karbo, karena semua otot2 fungsional ditubuh akan dihabiskan hanya untuk memenuhi kebutuhan glukosa, dan malah cadangan lemak di tubuh dibiarkan saja.. karena tubuh tdk bisa optimal menggunakan lemak atau membuat ketone dari lemak utk dikirim ke otaknya
.
Jadi jangan heran kalau setelah adaptasi ketosis, justru otot dan berbagai sel-sel lain ditubuh, akan makin optimal pakai lemak cadangan sehingga tdk lagi mudah kehilangan energi saat tdk makan dan juga tdk lagi cepat lapar karena sdh bisa akses cadangan lemaknya sendiri dgn optimal.
.
dan bila mbak memasukkan karbo dalam jumlah besar secara tiba-tiba seperti saat cheating day.. maka jelas Otot dan sel2 tubuh yg sdh adaptasi itu.. tidak akan langsung serta merta switch kembali menggunakan glukosa dengan cepat.
Yang akan terjadi malah lompatan gula darah (hyperglycemia) yang memicu peningkatan radikal bebas ditubuh, dan memunculkan berbagai gejala yg mbak rasakan saat cheating itu.
.
Warrior :
Tapi kok dietku sebelum KF, ngga apa2 ya mas ?
.
Tyo :
Ya iyalah.. kan diet mbak sebelum KF, tdk mengajarkan atau membuat Otak, Otot dan berbagai sel ditubuh lainnya, untuk optimal pakai lemak cadangan, dan justru saat mengalami kekurangan glukosa dari makanan, akan terasa kehilangan energi dan seperti menahan lapar alias kerasa kalau sedang diet.
Makanya begitu cheating dan masuk glukosa banyak, malah enak .. karena memang otak dan tubuhnya masih mengandalkan dan craving dgn glukosanya.
.
Warrior :
Ooo.. iya mas sekarang aku paham. Itu sebabnya aku sering gagal dietnya ya mas. Bolak balik naik turun terus beratnya sampai bingung harus bagaimana lagi.
Alhamdullilah setelah KF aku sudah hilang 10kg lebih mas dalam 3 bulan.
.
Tyo :
Jangan mengacu ke berat badan mbak ..
mengacu saja ke cermin, pakaian dan lingkar tubuh.
Berat badan terpengaruh dengan berat kadar air ditubuh dan juga berat makanan yg masuk ketubuh.
.
Warrior :
Iya mas baju dan celanaku longgar semua sekarang. Celanaku turun 2 nomor
.
Tyo :
Nah.. ngga usah pusing timbang2 berat badan yaa.. jalani saja KF nya sebagai gaya hidup sehat. Langsing itu bonusnya mbak, utamakan sehatnya dulu, dan apakah mudah menjalankan KF sebagai gaya hidup
Semakin beradaptasi di KF, sdh pasti otomatis makanpun tdk bisa sebanyak dulu lagi, pembatasan kalori akan tercipta alami.
Makin lama menjalankan, bukan makin sulit membatasi makan, justru malah mudah dan tidak disadari kalau makan tdk berlebihan lagi.
.
Warrior :
Iya baik mas, doakan aku istiqomah ya mas
masih suka ngga tahan lihat karbo kalau dikantor hahaha
.
Tyo :
Amin Amin.. iya mbak..
jangan kalah dengan hawa nafsu yaa.. kuncinya fisiologi di KF akan mendukung pembatasan makanan dengan mudah, namun lapar mata itu perang abadi bagi tiap individu. Karena stl KF musuh terbesarnya bukan lagi lapar tapi hawa nafsu saja.
.
Warrior :
Minta resepnya dong mas biar kuat ngga pengen cheating lagi
.
Tyo :
Saranku perhatikan tidurnya, agar tdk mudah lapar dipagi hari
Olahraga dirutinkan, aktif bergerak dan yg utama adalah sibukan dirinya
orang sibuk itu lupa makan, dan malah sering tdk sempat makan.
jika perlu kenyangkan dengan makan realfood saat dijendela makannya, sehingga tidak kepikiran makan yang aneh2 lagi
.
Warrior :
iya baik mas, terima kasih banyak saran sarannya ya mas. Aku coba praktekan semoga berhasil 🙏🙏🙏
.
Tyo :
Sama2 ya mbak

Comments

Popular posts from this blog

Virgin Coconut Oil

Ndika Mahrendra ( Diet Director di dietmentoring.com )